Header Ads

Team BAGANA Gebog bantu evakuasi material longsoran batu di Dukuh Semliro, Rahtawu, Gebog, Kudus


Rabu 12 Februari 2020 sekitar pukul 11.00 WIB, terjadi bencana tanah longsor di Dukuh Semliro yang membuat akses jalan menuju Dukuh Semliro, Rahtawu, Gebog, Kudus lumpuh total akibat material longsoran yang menutupi jalan. 


Team BAGANA (Banser Tanggap Bencana) Kecamatan Gebog yang mendengar hal tersebut, segera mengirim 11 personil menuju titik bencana untuk membantu proses evakuasi material longsoran bersama warga setempat.


Team BPBD Kabupaten Kudus yang diturunkan ke lokasi juga turut serta mengevakuasi material longsoran tersebut agar jalan menuju Dukuh Semliro kembali normal. Longsoran berupa batu besar berukuran sekitar 4 meter di pecah secara manual dengan menggunakan Jack Hammer (Alat pemecah beton) untuk mempermudah proses evakuasi material longsoran.

Kepala Pelaksana Harian  BPBD Kabupaten Kudus Bergas Catursasi Penanggungan menuturkan, 
Sebelum terjadinya longsor, kata dia, di daerah tersebut memang tidak diguyur hujan, namun dimungkinkan karena hujan sebelumnya yang mengakibatkan tanah di sekitar menjadi gembur dan tidak mampu menahan batu besar berukuram 4x2 meter.


Kemudian, batu dari tebing setinggi lima meter itu tiba-tiba mengalami longsor dan menutupi jalan dari Dukuh Semliro meunju Desa Rahhtawu.

"Beruntung tidak ada korban jiwa, karena saat kejadian tersebut tidak ada warga yang melintas. Sedangkan objek pariwisata pemandian alami juga masih berjarak beberapa meter dibawahnya, sehingga lalu lintas warga yang paling ramai memang masih jauh dari lokasi kejadian" tuturnya.

Kini, jalan menuju Dukuh Semliro kembali normal, namun Warga masyarakat Desa Rahtawu harus ekstra waspada saat curah hujan tinggi dengan kondisi tebing disepanjang jalan menuju Dukuh Semliro yang rawan akan longsor. 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.