Header Ads

Download Logo Hari Santri 2020 vector

22 Oktober menjadi hari bersejarah bagi semua santri dan umat muslim di Indonesia. Yang mana pada tanggal tersebut telah ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional. Merujuk sejarah pada tanggal tersebut, telah tercetus "Resolusi Jihad yang terjadi pada tanggal 22 Oktober 1945" yang berisi fatwa "Kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia". Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik 10 Nopember 1945 yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Untuk mengenang hal tersebut, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai "Hari Santri". Momen tersebut dirayakan dengan tema yang berbeda-beda. Kementerian Agama (Kemenag) dan Rabithah Ma'ahid Islamiyah PBNU (RMI PBNU) atau dikenal dengan Asosiasi Pesantren NU menyambut peringatan Hari Santri tahun 2020 ini dengan tema "Indonesia sehat, Indonesia kuat". Tema ini diangkat sebagai wujud keprihatinan dimasa pandemi, sekaligus ikhtiar menggalang solidaritas masyarakat, khususnya dilingkungan pesantren dalam penanggulangan Covid-19 di Indonesia.

Peringatan Hari Santri tahun ini, jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana biasanya para santri berkumpul bersama mengadakan upacara peringatan Hari Santri, kini sedikit berbeda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diutamakan dimasa pandemi seperti ini. Utamanya adalah tetap menjalankan protokol kesehatan dan memproteksi diri dari kerumunan masa untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19.

Dalam panduan  rangkaian acara Peringatan Hari Santri tahun 2020 ini, Kemenag menyarankan agar melakukan 3 hal diantaranya adalah :

  • Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2020 yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22 Oktober 2020 
  • Dzikir, doa, salawat dan tausiah untuk mendoakan santri, masyarakat Indonesia dan dunia agar diberikan kesehatan dan kekuatan di masa pandemi COVID-19 
  • Sosialisasi melalui website, media sosial, spanduk/baliho/standing banner dengan menyertakan Tema dan Logo Peringatan Hari Santri 2020
Seluruh kegiatan peringatan Hari Santri 2020 agar disesuaikan dengan kemampuan masing-masing dengan mengedepankan prinsip-prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan, dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan dalam rangka pengendalian dan pencegahan Covid-19.

Tahun ini Kemenag telah meluncurkan logo yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Berikut tampilan logo Hari Santri 2020 dari Kemenag.



Logo di atas bisa di download di sini
Logo tersebut bertuliskan Santri Indonesia yang dituliskan dengan Khat Kufi secara melingkar.

Selain Kemenag, Rabuthah Ma'ahid Islamiyah PBNU pun meluncurkan logo untuk memperingati Hari Santri tahun 2020 ini. Dan berikut bentuk dan tampilan logo peringatan Hari Santri dari RMI PBNU.



Logo di atas bisa di download di sini

Editor : Team editor Ansor dan Banser Ranting Getassrabi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.