Header Ads

GP Ansor Getassrabi ikuti Akreditasi


GP Ansor Getassrabi ikuti Akreditasi yang diadakan oleh GP Ansor Pusat.
Akreditasi dijadikan sebagai parameter untuk menilai dan melihat apakah sebuah organisasi memiliki kualitas yang baik ataukah tidak. Dari Akreditasi pula, kita bisa merubah pola kkepengurusan agar menjadi organisasi yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Berorganisasi dengan baik, akan mendapatkan feedback yang baik pula, terutama untuk diri sendiri. Setiap organisasi memiliki kepengurusan, aturan, agenda rutin dan program kerja  yang dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah Organisasi yang memiliki integritas tinggi dan aktif. 

Sebuah Organisasi akan non-aktif jikalau tidak memiliki tujuan dan program kerja yang jelas dalam kepengurusannya. Apalagi kalau anggota dan pengurus hanya mengandalkan ilmu pasrah saja. Dijamin organisasi tersebut tidak akan berlangsung lama. 

Kekompakan dan kekuatan dalam berorganisasi sangatlah dibutuhkan dari setiap anggota serta pengurus yang ada. Kesadaran diri dan punya rasa memiliki sebuah organisasipun menjadi hal yang penting untuk menjaga eksistensi dari organisasi tersebut.

Untuk menjaga kualitas sebuah organisasi agar tetap terjaga kekompakan dan eksistensinya dalam menjalankan program kerja yang telah dicanangkan, GP Ansor Pusat mengadakan penilaian kepada setiap organisasi GP Ansor mulai dari Pimpinan Wilayah (PW), Pimpinan Cabang (PC), Pimpinan Anak Cabang (PAC) hingga ke Pimpinan Ranting (PR). Penilaian terhadap organisasi ini disebut Akredittasi.

Akreditasi organisasi Gerakan Pemuda Ansor adalah kegiatan penilaian secara sistematis dan komprehensif yang dilakukan oleh Pimpinan Pusat terhadap Pimpinan Wilayah, Pimpinan Cabang, Pimpinan Anak Cabang dan Pimpinan Ranting untuk menentukan kelayakan dan kinerja organisasi.

Tak luput pula, GP Ansor Getassrabi menjadi salah satu sasaran team akreditasi. Untuk mempersiapkan proses akreditasi, Pengurus GP Ansor Getassrabi mengumpulkan berkas dan data yang diperlukan sebagai bahan penilaian oleh team akreditasi dari Pusat.
lembur pun tak terhindarkan untuk mengummpulkan data dan berkas sebagai bahan penilaian. Hal ini dilakukan demi mendapatkan nilai yang baik dan menjadi salah satu organisasi yang tetap aktif di masyarakat.


Nah, sebenarnya apa sih fungsi dan tujuan diadakannya akreditasi? 
Dilansir dari hasil Keputusan Konferensi Besar XVIII GP Ansor  tahun 2012, Akreditasi terhadap GP Ansor dilakukan dengan tujuan :

  1. Menentukan tingkat kelayakan organisasi dalam menyelenggarakan kegiatannya.
  2. Memperoleh gambaran tentang kinerja Organisasi.
Sedangkan fungsi diadakannya akreditasi terhadap GP Ansor adalah
  1. Mengetahui kelayakan dan kinerja Organisasi dengan mengacu pada indikator
  2. indikator yang telah ditentukan.
  3. Mempertanggungjawabkan kegiatan organisasi sesuai dengan visi dan misi Gerakan Pemuda Ansor;
  4. Meningkatkan kualitas atau kinerja Organisasi.
Komponen penilaian yang akan dilakukan oleh Teaam Penilai Akreditasi dari GP Ansor Pusat diantaranya adalah sebagai berikut 
  1. Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor.
  2. Amal usaha produktif.
  3. Kaderisasi.
  4. Pengembangan Banser.
  5. Struktur Organisasi.

Semua laporan dbuat dalam bentuk tetulis dan berkas dikirmkan ke PAC Kecamatan masing-masing.  Kemudian diteruskan hingga di GP Ansor Pusat. Alhamdulillah dalam pelaksanaannya, GP Ansor Getassrabi telah mengumpulkan data dan berkas lengkap sebagai bahan penilaian dalam akreditasi ini. Tinggal menunggu hasilnya nanti. Harapan kami, semoga mendapatkan penilaian yang baik. Agar bisa dijadikan sebagai acuan untuk menjadi oprganisasi yang lebih baik lagi di masyarakat. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.